Rabu, 15 Mei 2013

TANDA-TANDA KIAMAT


Kalo di postingan aku yang ini, aku ngebahas soal tanda-tanda husnul khatimah, sekarang aku mau ngebahas tentang tanda-tanda kiamat, so, tetep stay tuned yach... hehe.... (^_^)

kiamat ialah nyata keberadaannya, kita sebagai umat manusia tak pernah tahu kapan itu akan terjadi, kita sebagai umat muslim hanya diwajibkan untuk mengimaninya akan kedatangannya. Berikut adalah tanda-tanda datangnya hari kiamat, ialah sebagai berikut :
  1. Matahari terbit dari arah barat.
  2. Munculnya binatang-binatang aneh yang belum pernah kita ketahui sebelumnya kelak diakhir zaman.
  3. Munculnya Jahjah dan kaum berpecut. Salah satu tanda kiamat adalah lahirnya seorang penguasa zalim yang kelak akan bisa menguasai dunia. Kelahirannya ke dunia hanya membuat ambruknya peradaban manusia. Sumber hadist menyebutkan bahwa salah seorang penguasa itu bernama 'Jahjah'. Kelak, kehidupan dunia juga akan diisi oleh satu kelompok manusia yang sangat kejam. Dengan senjata pecutnya, mereka berbuat sewenang-wenang kepada orang lain. Pada saat inilah kiamat sebentar lagi akan datang.
  4. Keluarnya kabut tebal. Keluarnya kabut tebal yang memenuhi bumi merupakan tanda-tanda kiamat yang pasti terjadi. Meski tanda itu telah disepakati oleh para ulama, namun masih menyisakan polemik seputar apakah sudah pernah keluar atau belum? Terlepas pendapat siapa yang benar. Tapi yang pasti, tanda itu sudah selayaknya membuat kita waspada. Sebab, datangnya kiamat bagai kedipan mata yang tidak pernah diketahui kehadirannya.
  5. Api yang menghalau umat manusia. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hari kiamat itu tidak akan terjadi sebelum terlihat 10 tanda-tandanya, yaitu adanya Ad-Dukhan (Asap Tebal), kemunculan Dajjal si penipu besar, kemunculan dabbah (binatang melata), terbitnya matahari dari Barat, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Ya'juj dan Ma'juj, kemunculan tiga gerhana; gerhana yang terjadi di Timur, Barat dan di negeri Arab, hingga terakhir adalah munculnya api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar'."
  6. Dzussuwaiqatain merusak Ka'bah. Ka'bah beserta isinya akan dihancurkan oleh makhluk berkulit hitam, besar perutnya, pesek hidungnya dan dua betisnya kecil. Umat islam di seluruh dunia tak perlu emosi menanggapinya.
  7. Hilangnya orang-orang Shaleh, Al-Qur'an dan Islam. Islam, Al-Qur'an dan orang-orang shaleh adalah serangkaian yang tak bisa dipisahkan. Ketiganya akan hilang dan kehidupan manusia akan benar-benar bebas. 
  8. Berlomba-lomba membangun gedung bertingkat. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sebelum manusia berlomba-lomba meninggikan gedung-gedung. Kiamat tidak akan terjadi sebelum ada dua golongan besar berperang hebat, padahal keyakinan keduanya sama. Kiamat tidak akan terjadi sebelum dicabutnya ilmu, banyak gempa, waktu (terasa) saling berdekatan, banyak huru-hara dan banyak pembunuhan." (HR. Imam Bukhari).
  9. Melimpahnya harta hingga tak seorangpun bersedia menerima sedekah. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Kiamat tidak akan terjadi sampai banyak harta di antara kalian dan melimpah ruah, sehingga pemilik harta mencari-cari orang yang menerima sedekahnya, lalu ketika seseorang dipanggil, ia (pun) berkata, 'Aku tidak menginginkannya'." Di lain hadist, rasulullah SAW bersabda, "Sedekahkanlah sebelum terjadi kondisi di mana seseorang berjalan membawa sedekahnya, lalu orang yang diberi berkata, 'Bila saja kau datang kepadaku kemarin, aku akan terima. Sekarang aku tak membutuhkannya,' sehingga ia tidak menemukan orang yang menerima sedekahnya." Juga Abu Musa ra yang meriwayatkan sebuah hadist dari Rasulullah SAW yang berbunyi, "Akan datang kepada manusia suatu masa, dimana orang berkeliling dengan membawa emas untuk disedekahkannya. Tetapi tidak satupun orang yang ditemuinya bersedia menerima sedekah daripadanya. Dan suatu masa, dimana kelihatan seorang laki-laki diikuti oleh empat puluh wanita sebagai pelindungnya. Hal ini terjadi karena jumlah orang laki-laki lebih sedikit, sedang jumlah wanita lebih banyak."
  10. Turunnya Isa bin Maryam ke dunia. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Hari kiamat itu tidak akan terjadi sebelum terlihat 10 tanda-tandanya, yaitu adanya Ad-Dukhan (Asap Tebal), kemunculan Dajjal si penipu besar, kemunculan dabbah (binatang melata), terbitnya matahari dari Barat, turunnya Isa bin Maryam, munculnya Ya'juj danMa'juj, kemunculan tiga gerhana; gerhana yang terjadi di Timur, Barat dan di negeri Arab, hingga terakhir adalah munculnya api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar'."
  11. Keluarnya Dajjal. Mengenai rupa Dajjal, disebutkan bahwa ia memiliki tinggi badan sepuluh dzira' (lima meter), matanya hanya satu, melotot dengan sangat menakutkan, diantara kedua matanya ada tulisan huruf hijaiyyah ; 'Kaf-Fa-Ra' yang bermakna kafir, dan ia akan keluar dari negara Ashbihan. Kedatangannya di muka bumi ini tidak lain untuk mengkafirkan, menyesatkan seluruh umat manusia dan mengajarkan kepada para manusia untuk membiasakan diri berbohong. Tentunya, bagi manusia yang lemah imannya dan tidak dapat menyadari tipu daya Dajjal. Mereka akan dilenakan oleh kehebatan yang tak lain rekayasanya semata.
  12. Munculnya Imam Mahdi. "Dari Qurrah bin Iyas, Rasulullah SAW telah bersabda, 'Bumi akan dipenuhi kekejaman. Apabila telah dipenuhi kekejaman maka Allah akan mengutus seorang laki-laki dari umatku yang namanya seperti namaku, nama bapaknya juga seperti nama bapakku. Ia memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana bumi dipenuhi kedurjanaan dan kezaliman. Ketika itu langit tidak menahan hujan turun sedikit pun dan bumi tidak menahan tetumbuhan untuk tumbuh. Ia bersamamu selama tujuh, delapan atau sembilan tahun'." (HR. Thabrani).
Nah itulah sedikit nukilan tanda-tanda kiamat, semoga artikel ini bermanfaat, amiiiiiiiiiiiiiinnnnn....... 

4 komentar: