Jumat, 03 Mei 2013

PENDEWASAAN DIRI


Biasa, sebelum kita meluncur untuk ngebahas topic, aku mau kasii dulu sedikit info or pengetahuan tentang seluk-beluk 'Dewasa' menurut psikologi biar temen-temen nyambung sama postingan aku kali ini, hehe. Periode dewasa pada manusia terbagi menjadi 3 fase atau masa, yaitu : masa dewasa awal, masa dewasa madya, dan masa dewasa lanjut. Nah di artikel ini aku mau ngebahas soal 'masa dewasa awal' so, tetep stay tuned yuaa, hehe. 

Masa dewasa awal dimulai dari usia sekitar 20 tahun hingga usia 30 atau 35 tahunan. Masa-masa ini merupakan saatnya individu membangun independensi (kemandirian) pribadi dan ekonomi, serta peningkatan perkembangan karier. Nah, truss gimana dengan diriku sendiri....??? Saat ini aku telah memasuki usia 20 tahun, usia yang menurut para pakar psikologi telah memasuki masa usia dewasa awal. Yaa meskipun telah terhitung 'dewasa' namun tingkat kedewasaan manusia bukan serta-merta diukur dari umur yak... Yaa, tingkat kedewasaan manusia bisa juga diukur dari pengalaman-pengalaman hidup, tingkat kemandirian dan tingkat kematangan emosionalnya. Untuk kematangan emosional kita semua tahu bahwasannya orang dewasa itu harus, musti, kudu n wajibun-wajib mampu mengontrol emosinya, juga mampu memecahkan masalah atau berani menghadapi masalah dengan jiwa besar. Orang yang telah dianggap dewasa juga mestinya mampu meminimalkan konflik dan juga mampu untuk mengendalikan diri pada saat terjadi konflik, jangan serta-merta mengeluarkan emosi tanpa kontrol saat terjadi konflik, ini justru akan memperparah konflik yang terjadi. 

Nah setelah diatas kita udah ngebahas soal 'dewasa' sekarang aku mau ngebahas tentang diriku. Hmm... kalau diatas kita udah tau kan dewasa itu apa, nah truss gimana dengan diriku sendiri....??? untuk saat ini, aku di kelas pada jenjang perkuliahan ini, aku termasuk anak yang paling muda, tentunya aku masih belum punya banyak pengalaman hidup. Teman-teman kuliahku banyak yang telah lama hidup merantau dan hidup jauh dari orang tua, maka dari itu mereka telah banyak memakan 'asam-garam' kehidupan. Aku sungguh bersyukur ada banyak teman yang menasihatiku, karena memang mereka telah lama berpengalaman. Lhoh kog jadi ngelantur gak jelas kaek gini sich, focus... focus... okey kembali ke laptop... eee... salah kembali ke topic. Kalau menurutku sich aku belum cukup dewasa, karena aku menyadari masiii banyak sekali terdapat banyak kesalahan dan kekurangan dalam diriku, masih banyak sekali yang harus diperbaiki dari diriku. Aku gak tahu gimana orang-orang disekeliling Q, keluarga, saudara angkat, sahabat temen-temen, dan kenalan, memandang diriku. Untuk urusan memperbaiki diri sich jujur, aku orangnya terbuka banget, aku terbuka untuk semua kritikan, saran dan masukan, mulai dari yang berasa 'puueeeddddaaaassss', 'muaaannnniiisss', 'aseeeemmmmm', 'asiiiiiinnn', ampe 'yang special pake teloorr', Helloooowwwwwwwwwww....... lo kate masakan apa...??? hehe #Guubbraak.... Nggok.... Yaa pokoknya intinya aku ini orangnya terbuka untuk soal masukan dan sebagainnya, jika temen-temen menemukan kesalahan pada diriku, diminta dengan sangatttt dan memohon tolong kritikannya yach, ini juga sarana untuk 'pendewasaan' diriku dan juga bahan untuk terus-menerus introspeksi diri guna tuk terus memperbaiki diri. Nah itulah hal kecil tentang diriku, semoga kalian enjoy dan mau menerimanya, amiin. Nah udah dulu yach postingan kali ini, BTW ngantuukkk berat euy, so aku tidur dulu yach, besok-besok kalau ada waktu di sela-sela mengerjakan tugas kuliah aku sambung lagi, key...... ^_^ ^_^

0 komentar:

Posting Komentar