Rabu, 15 Mei 2013

 TANDA-TANDA KHUSNUL KHATIMAH


Hay... Hay... Sobat pembaca setia blognya Putri..., Apa kabar...??? Putri harap kalian dalam keadaan yang baek-baek aja yach... udah 4 hari nich Putri kagak ngepost apa-apa, karena selama 4 hari ini nich rumah kedatangan sodara dari jauh, dari Kalimantan sama Bali sono jadi kagak ada waktu buat bikin artikel nich pemirsa, hehe harap dimaklumi yach... Eeh... lha kog ngelantur gax jelas gini sich...., Fokus... fokus... Okey... dech... kali ini Putri lagi kepingin buat artikel tentang "tanda-tanda seseorang yang meninggal secara khusnul khatimah" nah.. mau tau...?? So tetep stay tuned yach.... hehe #maksa nich...

Syaikh Albani menyebutkan bahwa ada beberapa tanda-tanda khusnul khatimah, diantaranya sebagai berikut....>>>
  1. Pertama : Dapat mengucapkan syahadat menjelang kematian sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadist yang shahih (hadist yang tidak ada cacatnya baik sanat, rawi dan natannya). Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa yang ucapan terakhirnya Laa ilaaha illallah maka dia masuk surga." (HR. Abu Dawud).
  2. Kedua : Kematian yang disertai dengan basahnya kening dengan keringat berdasarkan hadist Buraidah bin Hushaib. "Bahwa ketika dia berada di Khurasan sedang membesuk seorang sahabatnya yang sakit dia mendapatinya telah meninggal, tiba-tiba keningnya berkeringat maka dia berkata : 'Allahu Akbar, aku mendengar Rasulullah bersabda, 'Kematian seorang mukmin disertai keringat dikeningnya.' (HR. Ahmad dan Hakim).
  3. Ketiga : Meninggal pada malam Jum'at atau siangnya berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "Tidaklah seorang muslim yang meninggal pada hari Jum'at atau malam Jum'at melainkan Allah Melindunginya dari siksa kubur." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
  4. Keempat : Meninggal dalam keadaan syahid di medan perang sebagaimana firman Allah SWT : "Dan janganlah sekali-kali kamu mengira bahwa orang-orang yang terbunuh dijalan Allah mati, tetapi mereka hidup diberi rizki di sisi Tuhan mereka. Mereka bergembira dengan karunia yang diberikan Allah kepada mereka, dan memberi khabar gembira kepada orang-orang yang belum mengikuti mereka di belakang janganlah mereka takut dan sedih. Mereka memberi khabar gembira dengan kenikmatan dari Allah dan karunia-Nya dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan balasan bagi orang-orang beriman." (QS Ali Imran : 169-171). Rasulullah SAW juga bersabda, "Orang yang syahid mendapatkan enam perkara : diampuni dosanya sejak tetesan darahnya yang pertama, diperlihatkan tempatnya dalam surga, dijauhkan dari siksa kubur, diberi keamanan dari goncangan yang dahsyat dihari kiamat, dipakaikan mahkota keimanan, dinikahkan dengan bidadari surga, diizinkan memberi syafaat bagi tujuh puluh anggota keluarganya." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).
  5. Kelima : Meninggal ketika berjuang dijalan Allah (bukan terbunuh), kena wabah penyakit dan sakit perut, berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "Apa yang kalian nilai sebagai syahid diantara kalian?" mereka berkata : "Ya Rasulullah siapa yang terbunuh di jalan Allah maka dia syahid. Beliau berkata : "Jadi sesungguhnya para syuhada umatku sedikit." Mereka berkata : "Lalu siapa mereka Ya Rasulullah ?" Beliau berkata : "Barangsiapa yang terbunuh di jalan Allah syahid, barangsiapa yang mati karena wabah thaun syahid, barangsiapa yang mati karena penyakit perut syahid, dan orang yang tenggelam syahid." (HR. Muslim).
  6. Keenam : Mati karena tenggelam dan terkena reruntuhan berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, "Syuhada ada lima : yang mati karena wabah tha'un, karena penyakit perut, yang tenggelam, yang terkena reruntuhan, dan yang syahid di jalan Allah." (HR. Bukhari)
  7. Ketujuh : Matinya seorang wanita dalam nifasnya disebabkan melahirkan anaknya. Ini berdasarkan hadist dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah SAW menjenguk Abdullah bin Rawahah dan berkata, "Tahukah kamu siapa syuhada dari umatku ? mereka berkata : terbunuhnya seorang muslim adalah syahid. Beliau berkata : ".... sesungguhnya para syuhada umatku sedikit, terbunuhnya seorang muslim syahid, mati karena wabah tha'un syahid, wanita yang mati karena janinnya syahid sebab ia ditarik oleh anaknya ke surga." (HR. Ahmad dan Ad- Darimi).
  8. Kedelapan : mati karena terbakar dan sakit bengkak pana yang menimpa selaput dada di tulang rusuk. Ada beberapa hadist yang terait dengan hal ini. Dari Jabir bin 'Atik, Rasulullah bersabda, "Syuhada ada tujuh selain terbunuh di jalan Allah, yakni yang mati karena wabah tha'un syahid, yang tenggelam syahid, yang mati karena sakit bengkak, yang panas pada selaput dada syahid, yang sakit perut syahid, yang mati terkena reruntuhan syahid, dan wanita yang mati setelah melahirkan syahid," (HR. Al-Hakim).
  9. Kesembilan : Mati karena sakit TBC. Ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW, "Terbunuh di jalan Allah syahid, wanita yang mati karena melahirkan syahid, orang yang terbakar syahid, orang yang tenggelam syahid, dan yang mati karena sakit TBC syahid, yang mati karena sakit perut syahid." (HR. Thabrani).
  10. Kesepuluh : Mati kerena mempertahankan hartanya yang hendak dirampas. Sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang terbunuh karena hartanya maka dia syahid." (HR. Bukhari).
  11. Kesebelas : Mati karena mempertahankan agama dan dirinya. Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa yang terbunuh karena hartanya syahid, barangsiapa yang terbunuh karena keluargannya syahid, barangsiapa yang terbunuh karena agamanya syahid, barangsiapa yang terbunuh karena darahnya syahid. (HR. Abu Dawud dan Ahmad).
  12. Keduabelas : Mati ketika melakukan amal shahih. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang bersedekah dengan satu sedekah dengan mencari ridha Allah maka ia masuk surga." (HR. Ahmad).
  13. Ketigabelas : Orang yang dibunuh penguasa yang zalim karena dia mendatanginya dan menasihatinya. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Penghulu para syuhada adalah Hamzah bin Abdul Muththalib dan seseorang yang mendatangi penguasa yang zalim lalu dia memerintahkan yang baik dan melarang dari yang mungkar lalu dia dibunuhnya." (HR. Hakim).
Nah itulah tanda-tanda kematian seorang muslim yang khusnul khatimah, semoga kita kelak termasuk didalamnya... Amiiiiiiiiiinnnn pray together..... Demikianlah sepasang kematian yang siap menemui kita di akhir hidup kita. Semoga akhir hidup kita adalah yang baik, bukan yang buruk. Amin ya Rabbal alamin. Nah sekian info dari Putri, entar Putri kasii dech tanda-tanda kematian yang 'Suul Khatimah' atau akhir kematian yang buruk, udah dulu yach, semoga ini menjadikan kita lebih baik lagi dan menjadikan kita seorang muslim yang sebenar-benarnya muslim agar mencapai kematian yang baik atau Khusnul Khatimah, Amiiiiiiiiiiiiiiinnnnnn..... pray together again, see you, bye... bye... (^_^)

4 komentar: