Rabu, 15 Mei 2013

KHUSNUL KHATIMAH

(Akhir yang Baik)


Kalau di artikel aku yang ini, aku ngebasa soal tanda-tanda seseorang yang menghadapi khusnul khatimah, nah sekarang aku akan ngebahas apa itu khusnul khatimah, semoga pembaca sekalian dapat mengambil hikmah dan manfaat dari artikel ku kali ini, amiiinnn....

'Khusnul' artinya baik dan 'khatimah' berarti ujung atau akhir. Jadi Khusnul Khatimah adalah akhir hidup yang baik. tentu saja kita sebagai seorang mukmin pasti akan berharap di akhir hidup kita kelak akan menemui akhir yang baik atau 'Khusnul Khatimah', amiiinnn yaa rabball allaminnn.....

Khusnul khatimah menjadi dambaan setiap mukmin. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Apabila Allah menghendaki kebaikan atas hamba-Nya, maka Dia memperkerjakannya?" Para sahabat bertannya, 'Bagaimana Allah memperkerjakannya?' Beliau menjawab, "Allah memberinya taufik untuk beramal shalih sebelum kematiannya." (HR. Ahmad dan al-Tirmidzi, Imam al-Hakim).

Khusnul khatimah merupakan karunia terbesar dari Allah untuk seorang hamba. Penjagaan Allah dan meneguhkannya di atas imanlah yang menjadikannya mendapat khusnul kahatimah saat banyak godaan dan syubhat menjelang kematian. "Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat..." (QS. Ibrahim : 27).

Imam Sufyan al-Tsauri pernah berpesan saat menghadapi kamatian agar menjaga akidah, membaca istiqhfar, dan bertaubat dari dosa agar bertemu Allah dalam keadaan bersih. Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan membaca do'a agar mendapat khusnul khatimah. "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan syirik sedangkan aku mengetahuinya. Dan aku memohon ampun kapada-Mu terhadap kesyirikan yang tidK AKU KETAHUI." (HR. Ahmad dan Abi Hatim).

Ada pula do'a lainnya yang diajarkan Nabi, "Ya Allah, sungguh aku berlidung kepada-Mu dari pikun, terjatuh dari ketinggian, keruntuhan bangunan, kedukaan, kebakaran, dan tenggelam. Aku berlindung kepada-Mu dari penyesatan setan saat kematian, terbunuh dalam kondisi murtad dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena tersengat binatang berbisa." (HR. Al-Nasai dan Abu Dawud). 

Nah itulah artikel Putri kali ini yang membahas tentang khusnul khatimah, semoga kita semua kelak termasuk kedalamnya, amiiinnn amiiinnn yaa rabball allamin....

0 komentar:

Posting Komentar