Kamis, 02 Mei 2013

TIPS AGAR MEMILIKI BANYAK TEMAN


Sebelum ke topik pembahasan, aku mau cerita dikit, hehe sabar yach... Dulu sewaktu aku masih kecil aku tidak memiliki teman bermain, bahkan aku sempat dikucilkan karena aku tak pandai bergaul dan bisa dikatakan aku 'anak rumahan' yang agak kuper karena jarang keluar rumah. Namun seiring perjalanan waktu, aku sadar bahwa kummunikasi dan sosialisasi itu sangat penting, sangking pentingnya dua hal diatas, kita sebagai manusia disebut dengan 'makhluk sosial' yang gak bakalan bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kini aku sadar bahwa memiliki saudara angkat, sahabat dan kawan sejati ialah harta paling berharga yang dianugerahkan oleh Tuhan dalam kehidupan ini. Aku sungguh-sungguh sangat bersyukur kepada Tuhan atas nikmat banyak saudara, sahabat dan kawan sejati dalam hidupku. Aku sungguh sangat bersyukur, disaat aku menangis ada 'tangan' yang menghapus air mataku. Disaat aku terjatuh dan gak tahu cara untuk bangkit berdiri tegak kembali, ada tangan yang terulur memberikan bantuan dan motivasi dalam hidupku. Disaat hidupku hampa, mereka ada untuk meramaikan suasana. Disaat aku tersesat dan tak tahu arah ada 'tangan' yang membimbingku. Disaat ulang tahun selalu ada yang merayakannya dan turut berbahagia karenanya. Ahh... kau memang harta paling berharga kawan, terima kasih Tuhan engkau telah memberiku banyak kawan sejati dalam hidupku. Well, berikut aku akan berbagi tips agar memiliki banyak kawan. So, tetep stay tuned yuaa... #maksa.com xixi.

Mulailah Komunikasi dengan Hal-hal yang Disukai Lawan Bicara

Komunikasi itu penting, komunikasi ialah alat untuk menyampaikan pesan. Maka dari itu jika kalian ingin memiliki banyak kawan, maka usahakan memulai komunikasi dari topik yang disukai oleh lawan bicara, topik ini bisa apa aja tergantung kesukaan lawan bicara. Truss, gimana kalo kita gak tahu n gak faham sama seluk-beluk hal yang disukainya...??? Gampang. Pura-pura aja kamu famah dan terus-menerus mengiyakan apa yang dia bicarakan, dan tambahi sedikit cerita tentang topik yang dia suka dari yang kamu tahu, pokoknya jangan memperlihatkan kamu gak tahu apa-apa sama hal yang dia suka. Eiittzz.... lupa, gimana caranya kita tau topik apa yang dia suka...?? Gampang itu mah, liat aja sama aksesoris yang dia pake, trus PD aja coba tebak dia sukannya apa, ini sich memerlukan keahlian khusus dalam hal melihat kepribadian seseorang, dan yang terakhir coba liat hal-hal yang lagi ngehits akhir-akhir ini, misalnya K-POP atau Sepak Bola kalo lagi pas musimnya Piala Dunia, dll, biasanya sich orang-orang pada suka sama hal-hal yang lagi ngehits yach, jadi ini akan menjadi saat yang menguntungkan buatmu untuk menjalin sebuah hubungan pertemanan.

PD Aja 

Percaya Diri, atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Pe-Dhe' itu merupakan hal wajib dalam hal membangun sebuah hubungan pertemanan. Seseorang akan segan untuk menjadi lebih akrab, jika kita terus-menerus menggunakan bahasa formal selama proses perkenalan dan terus-menerus berbasa-basi, usahakan jangan menggurui selama pembicaraan berlangsung serta usahakan menggunakan sesedikit mungkin dalam menggunakan bahasa formal, seringlah menggunakan bahasa gaul yang lagi ngetren. Jika perlu curhatlah sedikit kepadanya, tetapi jangan masalah yang terlalu intim yach pastinya, yang ringan-ringan saja, hal ini juga mengindikasikan bahwa kamu udah merasa nyaman dan cocok sama dia, dan dia dapat merasakan bahwa dia merupakan orang yang tepat yang dapat menyimpan rahasia mu, yang lebih penting bahwa dia mendapatkan sebuah apresiasi tersendiri darimu. PD aja, jangan takut apa-pun dan jangan malu, ajak dia bicara tentang topik apa aja, ini penting untuk membangun keintiman dalam sebuah pertemanan.

Humor

Dalam proses perkenalan sisipi beberapa humor-humor segar agar dia tertarik pada kamu dan merasa nyaman berteman dengan mu. Hal ini juga penting untuk menjauhkan rasa 'boring' pada lawan bicara pada saat terjadi pembicaraan dengan mu.

Jangan Menjadi Guru

Dalam komunikasi sifat untuk tidak menggurui sangatlah penting, untuk menarik minat lawan bicara. Ajaklah dia bicara apa aja tentang topic yang santai, jangan menggurui atau jangan berlaku sombong dengan banyak membanggakan diri sendiri di depannya, hal ini akan mengakibatkan lawan bicara menjadi 'ilfill' untuk memulai pertemanan dengan kita, yang terpenting tetap santai aja, hormati juga pendapat-pendapat dan arguentnya, jangan memaksakan kehendak kamu dan memaksakan pendapatkamu padanya, usahakan sesedikit mungkin perselisihan pendapat pada saat pembicaraan berlangsung. Jika ingin mendapatkan banyak teman, usahakan lebih banyak 'mengalah' dan 'diam' jika memiliki pendapat yang berbeda.

Perbanyak Senyum

Jangan memasang muka 'Be-Te' atau muka cemberut saat memulai percakapan, usahakan banyak tersenyum dengan ramah, ini akan membangun image bahwa kamu seseorang yang 'Friendly' atau ramah, sehingga lawan bicara kamu akan betah berlama-lama berbincang-bincang dengan mu.

Jangan Menjadi Pribadi yang 'Headstone'

Jangan menjadi pribadi yang keras kepala dan keukeuh dalam hal mempertahankan pendapat dan argumen saat terjadi diskusi atau pembicaraan, ini akan membuatmu dijauhi oleh teman. Usahakanlah banyak mengalah dan dengan legowo menerima pendapatnya, jika memang pendapatmu benar, terangkanlah kepadanya dengan hati-hati dengan tidak menggurui dan disertai dengan bukti-bukti yang jelas dan akurat, maka dia akan menerima pendapatmu tanpa ada konflik dan perselisihan diantara kalian.

Bersikap Lembut

Bersikaplah lebut dan kasih sayang kepada lawan bicara, itu akan menbangun 'good image' pada diri anda oleh lawan bicara. Hal ini juga akan membuat lawan bicara anda merasa nyaman untuk terus-menerus didekat anda. 

Nah itulah, tips-tips untuk banyak memiliki teman, perlu kalian ingat bahwa, teman merupakan harta paling berharga dalam hidup ini, temanlah orang pertama yang kita mintai bantuan dan pertolongan saat kita memiliki kesulitan, so jangan meremehkan arti teman itu sendiri dan jangan pernah meremehkan keberadaan seorang 'teman' di sisi kita. Jagalah seorang teman dan sayangi seorang teman seperti kamu menjaga dan menyayanyi dirimu sendiri. Dengan hal itu, maka mereka akan membantumu jika kamu juga sering membantu mereka dan mereka akan setia bersamamu, teruslah saling tolong-menolong dalam hal kebaikan tanpa ada pamrih, dan ingat bahwa kita tidak bisa hidup sendiri, di lain waktu pasti kita memerlukan seseorang untuk membantu kita yang lebih sering kita sebut dengan seorang 'teman'. Nah udah tau kan tips-tips untuk dapat memiliki banyak teman...??? udah dulu yack, entar laen waktu aku sambung lagi, key.... ^_^ ^_^

2 komentar:

  1. Nah kalau yang ini mas adit baru bisa komen deh
    hemmm, suka juga sama tipsnya

    kreatif kamu dek, btw kamu anak mana n sekolah di mana to ?

    satu lagi tambahan, mungkin pendewasaan diri juga penting untuk bergaul,
    sekali kita harus bersikap dewasa namun saat tertentu kita harus mengenali sisi anak-anak kita agar bisa lebih mengerti orang lain,

    pokoknya harus sering percobaan lah,

    seneng bsa kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasii atas masukannya,Salam kenal dari Putri iya benar memang sifat pendewasaan itu nomer wahid n musti kudu banyak legowo dan ngalah jika kepingin banyak temen, thanks yaa sekali lagi buat masukannya, N jangan segan-segan memberi kritik, saran N masukan yach agar aku bisa memperbaiki diri dan menjadi bahan introspeksi diri. Kalau mau info lebih lanjut buka FB ku dengan nama yang sama dengan blog ini, Thanks....

      Hapus