Senin, 28 Juli 2014

Setiap Idul Fitri datang aku selalu bahagia, karena momen Idul Fitri bertepatan dengan ulang tahun hijriahku, aku dilahirkan di tanggal 4 hijriah 22 tahun lalu jika dihitung dengan kalender hijriah. Makanya tak heran nama terakhirku yang seharusnya kalo tradisi barat jadi 'surname' dinamakan 'Safitri' nama ini pun mengandung akronim jawa yang berbunyi 'sak-uwise Idul Fitri' kalo dalam bahasa Indonesia diartikan 'Setelah Idul Fitri' yaa karena memang itu tadi lahirku saat Idul Fitri, hehe gak nyambung. 

Dulu sewaktu aku kecil, ritual dan sesajen yang wajib disediakan agar aku mau ikut sholad ied yaitu harus dibelikan balon karbit, di pojok barat daya alun-alun Magetan. kalo gak dibeliin balon pasti ngambek. Heran juga aku kenapa dulu suka bingit sama balon. Padahal sampe rumah ntu balon pasti diletuskan sama sepupu cowokku, dan berakhir dengan tangisan, hehe...

Setelah sampai rumah pasti, sungkeman sama kakek-nenek, terus dilanjtkan pergi ke kakek-nenek bibinya ibu. Dari rumah kakek-nenek bibinya ibu langsung lanjut ikut silaturrahmi ke Barat dan Ngawi. Itu aja sih agenda rutin Idul Fitri di tahun-tahunku yang lalu.

Gak pernah mudik yang pasti, karena asal muasal ibu-bapakku hanya terpisahkan sungai kecil-mungil di belakang rumah doang, dan hanya berjalan kurang dari 10 menit udah nyampe ke rumah asal ibuku, karena emang bapak-ibuku asalnya cuman beda kelurahan doang dan dipisahkan sungai kecil mungil tapi kotor.

Meskipun kakek dari ibuku sebelum menikah di tugaskan di daerah Malang selatan sono, tapi yah asalnya kan tetep di satu kota sama Bapakku, jadinya jarang ke sana kalau lebaran tiba. Mudik paling hanya 2-3 tahun sekali, itupun pas akhir tahun, karena pas lebaran bapak-ibuku sibuk sendiri dengan urusannya jadi gak kepikiran buat mudik, karena gak ada waktu itu tadi. Padahal aku seneng kalau diajakin mudik, cos pasti kalo mudik ke tempat kakung mampir deh ke pantai, yey... pantai... aku selalu suka pantai, ide tentang ppantai selalu mengelitik otakku untuk terus-menerus datang kesana, wkwk #lebay. Karena aku hidup dan tinggal di daerah pegunungan, jadi jauh deh sama pantai. Pantai selalu saja menarik perhatianku, aku ingin bisa terus-menerus ke pantai. Berkejar-kejaran dengan ombak, dan mainan pasir, selalu saja menjadikan mood u baik, hehe....


Foto diatas diambil 2 tahun yang lalu itu pas mudik ke rumah kakek tahun 2012 lalu di akhir tahun, duuh lihat foto ini jadi kepingin banget main ke pantai. Pantai..pantai..pantai.. hidup pantai....!!! #gakjelas. Sekian tulisan gak nyambung ini, akhir kata, selamat merayakan Idul Fitri 1435 H, taqaballahu minna wa minkum syimana wasyimakum minal aidzin walfaidzin. Mohon maaf lahir dan batin apabila ada kata-kata yang tidak berkenan dihati para pembaca sekalian, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya yaa.... :)

0 komentar:

Posting Komentar