Kamis, 24 Juli 2014


Kalo diselenggarakan lomba paling tahan untuk tidak makan paling lama diantara aku dan 2 saudariku, pastilah aku yang paling menang. Karena aku anak sulung ibuku yang puallliiinnnggg bandel disuruh makan, hingga tiap hari kenyang karena omelan ibuku, karena aku paling sulit untuk disuruh makan, hehe... Hal ini kontras sudah kalau aku disamakan sama adikku yang paling besar, kau dia anak ibukku yang paling sulit untuk berhenti makan, hehe..... Tak ayal kalau aku anak ibuku yang paling kurus di masa kecilnya dan juga paling rajin puasanya, hehe. Karen bagiku momen bulan Ramadhan bagiku ialah satu bulan penuh tanpa omelan ibukku yang menyuruh makan. Kalau adikku yang bungsu sii.. sering bingit bukin masakan terus dimakan sendiri gak tau itu masakan rasanya dan bentukya kayak apa, yang penting dimakan dan habis, tapi gak tau juga ampe sekarang tu badan adikku kagak gentut-gentut kayak aku dulu waktu kecil, 'longlet' orang jawa bilangnya 'balung karo kulit' hanya tulang yang berbalut kulit sangking kurusnya, hihi. Sejak SD selain dikatai 'longlet' aku juga dikatai 'kutilang darat' karena kurus tinggi langsing dada rata, wkwkwk...
Karena masalah sulit makan tadi aku jadi dijejali susu tiap hari sama emak gua, ampe sekarang juga sering dijejali susu. Eiittt bicara masalah susu, aku anak ibuku juga yang pualiiiiiiiinnnnggggg sulit disapih ASI waktu kecil, haha.... Apa yaa bahasa kerennya disapih, bahasa Inggrisnya 'weaning' kira-kira. Dulu kata emak ku aku paling gak doyang sama susu formula, jadinya aku tumbuh besar sama susu ASI doang, dan aku paling susah di sapih di waktu bayi, karena dulu waktu kecil aku banyak akal, hingga ibuku sendiri kurang akal guna menyapih dirikyu. 

Prosedur menyapih ini agak unik seeh menurutku, coz kalo orang jawa itu nyapih anaknya cukup dibawa ke orang tua atau orang 'pintar' terus di jampi-jampi dan taraa... berhasil deh tuh anak atau bayi 'lupa' atau gak mimi nenen lagi. Adikku yang ketiga aja sekali di jampi-jampi itu langsung gak minum lagi, tapi aku udah berkali-kali digituin teteup agak ngefek.... wkwkwk.... eh iya lho ampe kata ibuku 3 kali udah dijampi-jampi gitu kagak ngaruh. Ibukku gak nyerah juga, pertama (maaf) puting susunya dikasih obat betadine biar berkesan merah dan 'berdarah' ee... akunya gak kurang akal juga, ambil lap terus dilap deh, terus masih mimi lagi. Udah gitu, ibuku gak nyerah juga, besoknya dikasih sama plester, biar dikira luka, ee.. akunya malah dikit-dikit garuk-garukin tuh plester, setelah terbuka, kembali mimi lagi... Terus jurus pamungkas dan juga akhirnya berhasil nyapih dirikyu, yaitu dengan mengolesi puting susu dengan obat puyer, saat aku minum langsung aja deh berasa pahit, sejak itu aku gak berani lagi mimi ASI ibuku, hehe....Bagi ibu-ibu yang kesulitan menyapih anaknya mungkin cara diatas bisa dicoba, wkwk....

Kalo adikku yang paling besar karena dari umur 3 bulan udah kagak tinggal lagi sama ibuku jadinya dia kagak perlu disapih seh. Gantinya karena paling minim minum ASI dia malah gak bisa lepas dari dot hingga mau masuk SD. Karena juga sedikit minum ASI-nya dia jadi pindah nyusu sama sapi deh... hehehe enggak ding.... Eh emang gitu sih, karena dulu dia udah tinggal sama Padhe ku di Sidoarjo jadinya dia gak minum ibuku lagi, dan adikku itu paling suka sama susu murni, kalau aku jangan ditanya, disodori juga pasti langsung kabuuur.... Minum susu formula bagiku seperti makan, jadi suliittt banget untuk nyuruh aku minum susu, tapi ibuku dengan sabar terus bentak-bentak aku ngabisin segelas imut kecil susu untuk memenuhi kebutuhan energiku. Karena dari dulu problem utamaku adalah susah makan.

Karena susah makan inilah jadinya aku gak doyang banyak sama makanan-makanan dan minuman. Aku dulu cuma doyan mie instant dan daging ayam, kalo sayur cuma doyang 2 sayuran aja, wortel dan kubis, itu pun makannya dikit banget, paling suka yaa ayam goreng itu tadi. Karena dari kecil gak doyan apa-apa alhasil ampe segedhe gini aku juga gak doyan makanan apa-apa. Dulu banget aku manusia yang paling anti sama jus alpukat, botok (masakan jawa), pecel, dan kulupan. Makan botokpun seumur hidup pertama kali makan waktu aku kelas 1 SMP itupun karena terpaksa makan, coz waktu itu ceritanya aku dan temen segenkku lagi bolos latihan marching band terus main dulu di sungai dan mampir ke rumah temenku, karea keujanan jadinya mampir lama nunggu hingga hujannya reda, di situ kami sama tuan rumah disuruh makan dan disajikan masakan botok, karena gak enak juga kalo gak dimakan yaa... terpaksa dweh, ee ternyata aku baru tau kalo botok itu enak bergizi dan lagi murah #tepokjidat. 
Sama halnya minum jus alpukat, aku paling anti nih sama alpukat dan turunan masakan dari bahan alpukat, karena alpukat itu bagiku rasanya gak enak aneh lagi dan juga bikin eneg #siapsiapdituntutalpukat. Minum jus alpukatpun baru beberapa bulan yang lalu aku bisa meminum 1 gelas penuh jus alpukat pertama kali dalam hidupku, itu pun dengan terpaksa juga. Ceritanya bokap gue pulang dari sekolah bawa 1 kardus aqua penuh alpukat yang guedhe-guedhe pemberian temennya bokap, nah waktu itu juga di wajahku lagi subur ditumbuhi sama jerawat, lagi galao pagimane numpasnya ntu jerawat, browsing-browsing katanya alpukat dapat membuat kulit lebih sehat dan awet muda, terdorong oleh iming-iming wajah cantik itulah aku jadi nekat bikin jus alpukat, awalnya setelah jus ini jadi aku masih sempet komat-kamit lho berdoa supaya gak muntah, wkwkwk, ee setelah mendarat di lidah ku kok enak yaa rasanya beda kalau kita makan langsung buahnya, langsung deh 1 gelas abis....#gubrak.
Pertama kali juga aku makan kulupan itu yaa baru ramadhan ini, kulupan pada tau kan yak... Gini ceritanya emak ku suatu hari lagi pengen banget makan kulupan, lalu buatlah beliau kulupan itu, biasanya kalo pas momen Ramadhan begini ibuku selalu masak masakan yang sepesial dan lebih dari satu atau dua. Tapi hari itu kagak bikin masakan lain, ya bikinnya cuman itu, berbuka pun cuman sama teh anget makannya ya kulupan itu, tau cuman adanya kulupan dan lagi males juga bikin makanan lain karena faktor tugas lagi numpuk, ya udah gue mogok makan, lanjot ngerjain tugas. Eee... tapi lama-kelamaan kok lapar bingit juga, kerena terpaksa di dapur makanan yang ada cuman itu si kulupan doang jadinya yaa terpaksa dimakan, sekali coba kok langsung enak yaa, awalnya ambilnya dikit banget tepi akhirnya abis 2 piring #tepokjidat. 

Aku beruntung banget terlahir sebagai anak pertama di keluargaku, karena aku kenyang sama kasih sayang ibu dan bapakku karena 10 tahun aku bisa merasakan menjadi anak tunggal, sebelum adikku yang paling bungsu lahir, adikku yang nomor dua sedari kecil diasuh sama Pakdheku hingga sekarang jadinya di rumah orang tuaku serasa cuman punya dua anak. Selain itu aku juga paling lama ngerasain kasih sayang kakek-nenek ku dari kedua belah pihak sebelum mereka meninggal dunia, hiks... Ada kenangan tersendiri sama kakek dari ayah, aku dulu kalau hari minggu sering diajak jalan-jalan ke pasar, terus pulangnya bisa beli jajan banyak-bayak, dan lagi tiap hari waktu sekolah aku sering dikasih uang saku sama kakek, kekek ku juga sering beliin mainan dan apapun yang aku mau, sebelum meninggal beliau pernah janji, kalau aku dapet rangking akan dibeliin lampu belajar, eee tapi sebelum raportan beliau udah meninggal duluan, hiks...hiks... love you Mbah Narwan. Waktu adikku lahir masih ada sih kakek dari ayah itu, tapi 6 bulan kemudian beliau meninggal jadinya adikku kagak bisa tuh ngerasain punya kakek-nenek. Sedangkan kedua nenekku sudah lama meninggal, dulu aku sering banget diikinin baju sama nenek dari ibu, kalo nenek dari ayah aku dulu sering dipijitin. Udah dulu yak cerita kali ini semoga menghibur.... hehe...

0 komentar:

Posting Komentar