Sabtu, 20 April 2013

PRAMUKA

(Praja Muda Karana)


Di postingan aku kali ini aku mau ngebahas tentang PRAMUKA. Lhoh...?? Kanapa PRAMUKA sich...?? Gini yach temen-temen, karna aku dari SD dulu udah gandrung sama organisasi ini, dan juga karena dulu waktu duduk di bangku SMA, aku udah didapuk menjadi DKR (Dewan Kerja Ranting), jadi sedikit-banyak aku tahu donk seluk-beluk PRAMUKA, hehe. Nah, sebelum aku masuk ke inti pembahasan, aku mau tanya dulu, dimana PRAMUKA kali pertama lahir...?? Dan siapa pendirinya...??? Siapa yang disebut dengan 'Bapak PRAMUKA Indonesia, itu...??? Hayooo... ada yang bisa jawab apa gak....??? Okey dech aku bahas satu-persatu, yuk simak baik-baik yach. #hehe, maksa.

Oke, kita awali dengan arti dari singkatan 'PRAMUKA', singkatannya yaitu : 'Praja Muda Karana' dan jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia yaitu : 'Rakyat Muda yang Senang Bekerja'. Nah untuk simbol Gerakan Kepramukaan di Indonesia sendiri ialah 'Tunas Kelapa', kenapa tunas kelapa...??? Karena hal ini dimaksudkan agar setiap anggota Kepramukaan seperti tunas kelapa yang dalam kondisi apapun, dimanapun, dan kapanpun dapat hidup serta memberikan manfaat untuk semua orang seperti pohon kelapa itu sendiri.

Gerakan Pramuka atau yang dalam Bahasa Inggris disebut 'The Scout Movement', pertama kali lahir di Inggris (United Kingdom). Dan pendiri kepramukaan dunia, atau yang sering disebut bapak kepramukaan dunia yaitu, "Robert Baden Powell". Baden Powell pertama kali menulis sebuah buku yang berjudul 'Scouting for Boys' pada tahun 1906 dan 1907. Buku itu berisi tentang pengalaman beliau dari latihan-latihan kepramukaan. Sedangkan untuk sejarah PRAMUKA di Indonesia kalian bisa baca disini, karena sejarahnya yang panjang maka tidak akan muat jika aku tulis disini, hehe peace yak.... Intinya Pramuka didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961. Sedangkan Bapak kepramukaan Indonesia yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono IX. 

Perlu temen-temen ketahui bahwa, Gerakan Kepanduan di Indonesia berperan penting dan ikut serta berjuang bersama para Pahlawan demi merebut kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu sudah semestinyalah kita ikut serta dalam organisasi ini. Toh ikut organisasi Kepramukaan dapat meningkatkan kerjasama dan kekompakan antar anggota. Nah udah itu dulu aja yach ceritaku tentang Pramuka sekarang kalian tahu kan cikal bakal Gerakan Kepramukaan, kan. Sampai jumpa di postingan aku berikutnya, hehe

0 komentar:

Posting Komentar