Kamis, 18 April 2013

5 CM

5 CM, bukan satuan ukuran dalam sentimeter (cm) di penggaris, tetapi 5 CM adalah sebuah Novel fenomenal hasil karya Donny Dhirgantoro. Novel ini mengisahkan tentang 6 tokoh yang menjadi sentral di dalam novel ini, yaitu ada Arial, Zafran, Genta, Riani, Ian dan Adinda ato Dinda. Novel ini berisi tentang persahabatan, cinta, harapan, dan perjuangan menaklukkan puncak Mahameru. Harus ku akui novel ini sungguh sangat menyentuh, dan sangat kocak, namun novel ini tidak akan kehilangan kekuatannya dalam menyampaikan pesan moral atao 'moral value'. Bagi kalian yang ingin tau gimana serunya persahabatan 6 anak manusia yang menjadi tokoh sentral dalam novel ini, saya sarankan segeralah membaca novel ini. Dijamin kalian akan menangis, terharu-biru, dan tersentuh, tetapi juga terpingkal-pingkal saat membaca novel ini. Jika kalian ingin tau gimana sich cover novel ini, berikut saya sertakan foto novel '5 cm' yang saya beli pada tanggal 13 Februari 2013 lalu.


Dan berikun quote-quote yang ada di dalam novel ini, yang tentunya telah menginspirasi saya menjadi 'SAYA' yang baru :
  1. “Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu,
    apa yg kamu mau kejar…
    Kamu taruh di sini… jangan menempel di kening.
    Biarkan…
    dia…
    menggantung…
    mengambang…
    5 centimeter…
    di depan kening kamu…
    Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.
    Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari,
    kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.
    Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri,
    kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu NGGAK BISA menyerah.
    Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh,
    bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu,
    segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…
    Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu.
    Dan…
    sehabis itu yang kamu perlu…
    Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya,
    tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya,
    mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya,
    lapisan tekad yg seribu kali lebih keras dari baja…
    Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya…
    Serta mulut yang akan selalu berdoa.” 
  2. “Dan bermimpi saja tidak akan pernah cukup. Dan sebuah impian memang seharusnya tidak perlu terlalu banyak dibicarakan, tetapi diperjuangkan.” 
  3. “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.” (Nabi Muhammad SAW).
  4. “Kita jangan sampai mau diatur oleh keadaan, kalo bisa kita yg mengatur. Kita harus selalu jadi kalimat aktif selalu pakai awalan me-, bukan kalimat pasif dengan awalan di-
  5. “Dan yang bisa dilakukan seorang mahkluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya adalah mereka hanya tinggal mempercayainya…”
  6. “Tapi kita nggak boleh ngomongin karakter individu. Kalo udah begitu masalahnya selesai. Jadi apa-apa tergantung orangnya.” 
  7. “Sebuah cinta memang harus diungkapkan karena tidak pernah ada cinta yang disembunyikan, kecuali oleh seseorang yang terlalu mencintai dirinya sendiri.” 
  8. "You are the universe... You're the driver, not a passenger in life...  And when you're ready, won't have to try 'cause... You are the universe and there ain't nothing' you can't do.... If you conceive it, you can achieve it... That's why I believe in you."
  9. ".... Dan semuanya akan tambah indah kalo lo tetep jadi diri lo sendiri... bukan orang lain..."
  10. "Plato, seorang filsuf besar dunia pernah bilang bahwa nantinya dalam kehidupannya setiap manusia akan terjebak dalam sebuah gua gelap yang berisi keteraturan kemapanan, dan mereka senang berada di dalamnya. Karena mereka terbuai dengan segala kesenangan di sana dengan apa yang telah mereka capai, hingga akhirnya mereka takut keluar dari gua tersebut. Mereka memang bahagia, tetapi diri mereka kosong dan merasa nggak pernah menemukan siapa diri mereka sebenarnya.... mereka nggak punya mimpi."
  11. "Berani keluar dari zona nyaman lo, hadapi semua yang ada di depan lo."
  12. "Tinta bagi seorang pelajar lebih suci nilainya daripada darah seorang martir." (Nabi Muhammad SAW).
  13. "Jangan pernah mengganggap kritik itu suatu proses kemunduran atau serangan. Kalo lo dikritik, buat cetak biru di pikiran lo. Kalo kritik itu adalah pengorbanan dari seseorang yang mungkin telah mengorbankan rasa nggak enaknya sama kita, entah sebagai seorang teman atau rekan kerja, semata-mata untuk apa?.... hanya untuk membuat diri kita lebih baik. Itu aja."
  14. "Iya seseungguhnya setiap manusia memang diberi kebebasan memilih. Memilih di persimpangan-persimpangan kecil atau besar dalam sebuah 'Big Master Plan' yang telah diberikan Tuhan kepada kita semenjak lahir. Jadi, semuanya ke masalah pilihan."
  15. "The man with the greatest soul will always face the greatest war with the low minded persons...." (Orang yang berjiwa besar akan selalu menghadapi perang besar dengan orang-orang yang berpikiran rendah dan pendek).
  16. "Sesuatu yang pasti di dunia ini adalah ketidakpastian..... Dan Tuhan memlihara ketidakpastian itu pada seluruh umat manusia agar manusia terus belajar, terus bermimpi, dan ujung-ujungnya kita akan kembali pada-Nya."
  17. "Teori Relativitas itu terjadi karena ada waktu. Mungkin kalimatnya bisa dilanjutin jadi satu-satunya yang pasti di dunia ini adalah suatu ketidakpastian dan ketidakpastian itu adalah sifat utama dari sebuah waktu."
  18. "Manusia yang nggak percaya sama Tuhan sama saja dengan manusia yang nggak punya mimpi. Cuma seonggok daging yang punya nama." 
  19. "....dan entah kenapa kamu adalah orang yang bagaimanapun jeleknya berita di koran dan bobroknya negara ini, kamu selalu yang pertama bilang kalo dari semenjak lahir cuma tanah ini tempat kita berpijak dan airnya yang menghidupi kita setiap hari. Sebobrok apapun negara ini kamu bilang kamu sangat mencintai negara ini....." 
  20. "Saya Ian, saya bangga bisa berada di sini bersama kalian semua... Saya akan mencintai tanah ini seumur hidup saya,... Saya akan menjaganya dengan apapun yang saya punya, saya akan menjaga kehormatannya seperti saya menjaga diri saya sendiri... Seperti saya akan selalu menjaga mimpi-mimpi saya terus hidup bersama tanah air tercinta ini........ Yang berani nyela' Indonesia... ribut sama gue...!" 
  21. "Sumpah, itu takut yang paling takut sepanjang sejarah. Sendirian malam-malam di hutan, tapi akhirnya gue tetapkan hati gue kalo gue nggak boleh takut. Akhirnya, gue ambil rasa takut itu dari kepala gue, terus gue taruh di telapak tangan gue. Pokoknya, gue liatin dan gue pelototin rasa takut itu sampe rasa takut itu akhirnya pergi."
  22. "Bukan nggak mau nyerah, tapi nggak bisa nyerah. Kalo kita bilang nggak mau nyerah berarti ada kemungkinan kita mau nyerah. Tapi kalo lo udah bilang lo nggak bisa nyerah... sepertinya itu kata terakhir."
  23. "Our greatest glory is not in never falling... but in rising every time we fall." "Jadi kalo kita yakin sama sesuatu, kita cuma harus percaya, terus berusaha bangkit dari kegagalan, jangan pernah menyerah dan taruh keyakinan itu di sini.... (kening)"
  24. "Orang yang paling bijaksana adalah orang yang mengetahui bahwa dirinya tidak tahu."
  25. "Cogito Ergo Sum." (Aku berfikir maka aku ada).
  26. "Kalau kamu mau menulis ya tulis aja, jangan pernah mikir. Langsung menulis aja jangan pakai mikir." (William Forester).
Itulah beberapa quotes dari novel 5cm, pastinya saya sangat berharap semoga tulisan ini mampu menjadikan inspirasi bagi kalian untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, Amiiinnn....

0 komentar:

Posting Komentar