Minggu, 21 April 2013

GOLONGAN DARAH PART II
TEORI PENGGOLONGAN DARAH (SISTEM RHESUS)
Oleh : Dr. Karl Landsteiner

Di kesempatan kali ini saya ingin membahas, penggolongan darah system Rhesus, masih dari teorinya Dr. Karl Landsteiner Part II (Part I nya yang system ABO di postingan aku yang ini). Nah system penggolongan ini, Rhesus terbagi menjadi 2 macam yaitu : Rh - (eR-Ha min) dan Rh + (eR-Ha Plus). Bagi kalian yang belum tahu apa itu Rh - dan Rh +, berikut akan saya jelaskan. Gologan darah Rh  + : golongan darah yang mempunyai antigen Rhesus. Golongan darah Rh - : golongan darah yang enggak mempunyai antigen Rhesus Rh + bersifat dominan, oleh karena itu Rh + tidak boleh mendonorkan darahnya ke golonggan darah Rh - karena akan terjadi aglutinasi (penggumpalan). Akan tetapi orang bergolongan darah Rh - boleh menyumbangkan darah ke orang bergolongan darah Rh +.
Saat akan menikah sebaiknya kita perlu melakukan pemeriksaan antigen Rhesus dan memastikan kamu dan pasangan memiliki antigen Rhesus yang sejenis. Hal ini penting diperhatikan karena jika tidak, maka kemungkinan keselamatan bayi Anda yang ke-dua akan terancam eritroblastolis fetalis (kematian janin di dalam kandungan ibunya).

Kenapa, bisa begitu…??? Berikut penjelasannya:

Eritroblastosis fetalis adalah kelainan darah yang berpotensi mengancam nyawa pada janin atau bayi baru lahir. Kondisi ini berkembang pada bayi yang belum lahir ketika ibu dan bayi memiliki jenis darah yang berbeda (ibu rhesus positif, janin rhesus negatif). Sang ibu akan memproduksi zat antibodi yang akan menyerang sel darah merah bayi. Pada kehamilan pertama antibodi yang dibuat oleh ibu belum begitu banyak, sehingga anak pertama akan selamat. Akan tetapi jika dalam kurang dari satu tahun ibu hamil anak yang kedua maka di dalam darah ibu masih cukup terdapat antibodi yang dihasilkan ketika mengandung anak yang pertama. Akibatnya janin kedua, sel darahnya akan segera diserang oleh antibodi tersebut dan mengakibatkan kematian janin, oleh karena itu jika terpaksanya menikah dengan pasangan yang berbeda golongan Rhesus sebaiknya diberikan jarak kehamilan pertama dan kedua sedikitnya 5 tahun agar darah ibu bersih dari antibodi yang dihasilkannya sendiri, sehingga janin akan selamat hingga dilahirkan. Nah sekarang udah tau kan macam-macam teori penggolongan darah, di tulisan yang selanjutnya aq akan ngebahas tentang ‘Kepribadian Dari Golongan Darahnya’ dan ‘Kartun Tentang Kepribadian dari Orang Bergolongan Darah B’. Semoga artikel ini bermanfaat, SMILE…. :-) :-) :-)

0 komentar:

Posting Komentar