Senin, 01 September 2014


 Gambar aku comot dari sini

Plagiat, siapa sih di dunia perkampusan yang gak kenal sama satu kata ini, hmm.. pasti pada tau semua yak, atau bahkan sering dilakukan dan bangga malah, atau melakukannya tapi gak tau kalau kegiatan yang sering kamu lakukan ialah tergolong sebagai perilaku plagarisme. Plagiat, atau kalao bahasa gaul pelajar atau mahasiswa seringnya nyebut sebagai "copass" atau copy-paste. Tentu copass disini yang aku maksud ialah sebagai copy-paste karya orang lain untuk keperluan tugas-tugas baik itu dari internet, buku dan sumber-sumber lain tanpa mau mencantumkan sumber secara lengkap beserta nama pengarang. Ataupun kadang langsung tempel tanpa mengubah bahasa dari ide yang dipaparkan oleh si pengarang. Selengkapnya arti dari plagiat adalah sebagai berikut. Definisi ini mengacu pada kamus besar bahasa Indonesia yang aku comot dari sini.

pla·gi·at n pengambilan karangan (pendapat dsb) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat dsb) sendiri, msl menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan

Nah udah pada tahukan apa arti yang sesungguhnya dari plagiat atau yang sering para pelajar dan mahasiswa sebut dengan istilah "copass". Jujur dulu waktu semester awal kuliah aku sering banget melakukan plagiat, apalagi kalau dikasih tugas suruh bikin makalah. Tentu saja ini dosaku yang telah lalu. Dulu emang aku seneng dan sering banget melakukannya, yaa plagarisme, karena jujur dulu aku belum mengerti sakitnya tulisan dan hasil jerih payah kita di ambil orang tanpa menyertakan sumber dan nama pengarang, hal ini terus berlangsung hingga dosen-dosenku mulai menggalakkan anti plagarisme di kampus dimana aku menimba ilmu, plagarisme dilarang keras dilakukan di kampus, bahkan disetiap sudut kampusku ditempelin sama baleho gedhe-gedhe bahwa plagiat itu dilarang. Dan pada akhirnya aku mengerti dan merasakan bagaimana mengalami di plagiat itu, dan akhrinya membuatku sadar bahwa plagiat itu emang termasuk dosa besar.

Setelah itu aku sadar plagiat itu tidak menyehatkan fikiran dan otak, otak cenderung tidak maju dan dilarang untuk berkreatifitas dalam berkarya khususnya dalam karya tulisan ilmiah. Dan sakitnya di plagiat dari hasil jerih payah sendiri pun baru saja aku alamin dan yaa.. seperti yang semua orang rasakan bahwa diplagiat itu sungguh makan ati, bahkan lebih sakit hati jika di duakan sama pacar, ini jika kaitannya dengan karya tulis ilmiah yang bikinnya harus kudu end wajib kagak tidur satu minggu pelus harus melek baca buku-buku referensi, pelus melek ngetik di depan lepi pelus nulis sambil translate di google translate, pelus kagak boleh salah tulis dan salah ketik lho pemirsa. Duuhhh rasanya sakitt deh, orang hasil jerih payah kerja seminggu kagak tidur dan di berlakukan semena-mena oleh pihak lain pun rasanya sungguh menyakitkan.

Hal ini pernah aku rasakan, bahkan baru-baru ini. Paper analisis poetryku mengalaminya 2 bulan yang lalu. Dua bulan yang lalu aku membuatnya dengan kerja keras, aku berani jamin hasil tulisan itu murni hasil tulisanku sendiri tanpa copass dan plagarisme dari sumber lain. Saat itu kami disuruh membikin paper analysis 2 puisi inggris, dengan berkelompok, aku dan seorang anggota kelompokku telah bekerja penuh siang-malam untuk membikin makalah ini. Bahkan malam hari aku cuman bisa tidur satu jam saja demi menyelesaikan tugas ini, dan harus rela nyari pelus baca banyak referensi berbahasa inggris. Nah, hari itu ceritanya begini, karena ada satu orang yang belum kebagian kelompok, maka orang tersebut meminta ijin padaku ingin ikut kelompokku, karena aku gak tega sama dia, akhirnya aku ijinin dia masuk kelompokku dengan syarat harus meminta ijin terlebih dahulu ke dosen pengampu mata kuliah tersebut. Padahal aku udah seminggu kagak tidur demi makalah itu, makalah itu udah rapi jali bahkan udah selesai dijilid, tinggal tunggu diujikan saja di depan dosen pengampu. Nah setelah orang itu meminta ijin bu dosen aku ijinkanlah dia masuk ke kelompokku. Di saat pengujian di depan dosen, kan tadi dia udah tanya dan izin tuh ke dosennya, dia langsung saja ditanyai gini, mbak... ikutan ngerjain paper ini apa tidak...??? Dan dengan super teganya dia jawab mantab iya. Duh... sakitnya hati ini.... padahal aku udah seminggu kagak tidur demi tugas satu itu. Jelas aku gak beranilah bilang yang sesungguhnya secara dosenku angker banget book, udah gitu disaksikan banyak orang lagi di ruang kelas itu. Dan udah bisa ditebak dia gak tahu dan gak bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan dosen tersebut, jawabannya semua ancur bin ngawur book, jelaslah dosenku itu curiga, ini malakah bukan bikinan die. Bahkan dosenku itu nuduh kelompokku melakukan plagiat, gara-gara satu orang itu jawabannya ngaawur gas sesuai di paper. Udah kebayang kan betapa ni tanduk berasa mau numbuh dan ingin menanduk tuh orang. Aku dan temenku se-kelompok tadi hanya bisa diem dan pasrah, diem ngediemnin satu orang itu yang bikin ancur ujian itu, padahal itu termasuk mata kuliah yang sulit buat dapetin nilai B ataupun A.

Okeh, lanjoot ceritanya, karena aku emang orangnya blak-blakkan, gak bisa diem menyimpen perasaan dan realistis bingit, makanya aku damprat tuh orang, temenku satunya tadi kagak berani macem-macem sama dia coz dia kakak tingkat aku. Salah sendiri putri dilawan. halah... mulai ngaco. Langsung aja aku datengin tuh orang, dan lagi tu orang mukanya kagak berdosa bingit udah ngaku-ngaku paperku karya dia lagi, huh nyebelin dah. Aku datengin dan tanpa ba-bi-bu lagi langsung ngedanprat, apa-apan ini ngaku-ngaku kerjaan orang jadi kerjaan sendiri dan lagi menyebabkan dosennya menyangka kalau kelompokku melakukan plagarisme lagi. Tuh orang aku gituin mukannya udah kayak kepiting direbus, udah merah padam sambil mohon-mohon minta maaf, emang dasar aku udah kesel aku tinggal pergi saja langsung males, nanggepin orang kayak gitu, book meding tinggal pergi aja daah... 

Besoknya aku dan temenku satu kelompok itu, melaporkan kejadian tersebut kepada dosen pengampuku tersebut. Pada awalnya aku udah coba hubungi semua nomer orang itu buat dia bikin pengakuan kalau itu bukan karyanya, tapi kagak bisa nyambung, ketakutan tuh dia kliatannya. Karena kagak bisa juga akhirnya aku putuskan untuk langsung lapor kepada dosennku tentang kejadian tersebut. Awalnya seh maju-mundur geto di ruang dosen sambil sontok-sontokan segala karena aku takut banget pemirsa, dan karena hari udah siang akhirnya aku beraniin juga melaporkan kejadian tersebut kepada dosenku itu. Dan alhamdulillah-nya dosenku itu percaya sama aku dan temenku bahwa itu murni bikinanku sendiri bukan hasil dari plagiat, alhamdulillah juga aku dapet dilai yang lumayanlah meskipun bukan yang tertinggi, lagi pulak aku udah takut banget udah di tuduh plagiat takutnya satu kelompok gak bakalah dilulusin di mata kuliah tersebut, lagi pulak tuh mata kuliah sulitnya minta ampun dah, kalau kagak lulus semester ini, bakalan bisa ngambil 9 semester book buat nebus ijazah S1, jadi kebayang kan bahayanya di tuduh plagarisme atau melakukan plagiat itu, bisa-bisa kagak lulus-lulus dan nambah biaya kuliah book.

Nah sebenernya, aku gak mau nulis tentang plagiat seh, tapi karena temen blog aku nulis tentang hal ini, meskipun beda dikit pembahasanya, yaitu tentang blogger yang sering copass (tulisannya bisa dibaca disini). Lagi pulak setelah aku baca postingan salah satu orang yang telah bikin aku terinspirasi tentang plagiat juga, dan di postingannya disini, emang ngebacanya bikin sakit hati dan bikin aku keinget sama kejadian 2 bulan yang lalu, terus akhirnya aku bikin postingan ini deh. Makannya bagi para blogger, pelajar dan mahasiswa jangan sekali-kali coba buat plagiat atau copass deh, gak bakalah menyehatkan, bikin sakit hati dah pokoknya. Jika kalian para blogger, pelajar dan mahasiswa mau plagiat, coba deh posisikan kalian seperti penulis yang akan kalian plagiat karyanya, bagaimana rasanya kerja keras kalian di jiplak orang tanpa memberikan sumber tulisan dan menyertakan nama pengarangnya. Pastinya sakittt banget dan nyesek kan, nah makanya dari itu jangan plagiat, usahakan menulis dengan hasil tulusan dan pemikiran sendiri-sendiri, okey.... Dengan menulis sendiri itu akan melatih kita akan lebih produktif serta kreatif. Nah sekian dan terimakasih, Say no to plagarism...!!!!

0 komentar:

Posting Komentar