Selasa, 16 September 2014



Postingan ini sambungan dari postingan ini, dan ini. Seperti judul postingan diatas, postingan ini membahas tentang peran serta kawula muda dalam penyebaran informasi dalam teknologi informasi. Nah teknologi informasi sendiri disini saya artikan sebagai berbagai macam teknologi yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi secara luas kepada khalayak umum, entah itu melalui sambungan kabel, sambungan internet, melalui media sosial, melalui media cetak, dan lain sebagainya. 

Telah kita tahu bersama, bahwa dunia di saat ini telah berkembang secara cepat dan canggih, sehingga informasi dengan mudah dapat menyebar dengan luasnya. Nah pertanyaannya, bagaimanakah informasi tersebut dapat menyebar? Siapakah yang menyebarkannya? Dan melalui apakah informasi tersebut menyebar?

Dewasa ini banyak sekali media-media penyebaran informasi, entah itu secara elektronik dan cetak. Sehingga memungkinkan seseorang mendapatkan informasi secepat kilat geledek di saat hujan deras. Nah dalang di balik penyebaran informasi inilah yang semestinya berperan penting dalam menyebarkan berita atau informasi. Tentu saja disini kawula muda yang memiliki peran penting tersebut. Gak percaya...??? Sekarang nyalaain TV, Laptop, Internet atau media apalah, pastinya yang bakalan muncul wajah-wajah yang masih fresh dan gak keriput. Makannya disini peran kawula mudalah yang sangat penting. Kalau gak ada mereka mustahil kita hidup bakalan tentram, karena gak ada yang menginformasikan kapan adanya tsunami, gempa dan gunung meletus. 

Kebayangkan bagaimana rumpiknya dunia ini tanpa kawula muda nan energik, luwes dan kreatif serta cepat dan tanggap dalam menyebarkan informasi. Nah, berikut ini akan penulis paparkan beberapa contoh dampak postifnya peran kawula muda dalam penyebaran informasi di dalam teknologi informasi. Yuk cekidot, dan jangan lupa buat menyimak ya. 

Yang pertama, adanya "Desa Id" (maapin yee kalao salah nulis). Kebayangkan kalao gerakan desa id ini kalau gak digalakkan oleh generasi muda yang kreatif, bakalan sepi bok Indonesia dari turis-turis domestik dan asing yang datang ke desa wisata di seantero negeri ini. Coba deh bwosing di mbah gugel, pasti pembaca yang budiman bakalan nemu berbagai site yang membahas tentang potensi-potensi di desanya masing-masing. Coba bayangin aja, alam indonesia yang ciamik dan cucok abis buat wisata ini gak di siarkan dan di informasikan ke khalayak ramai, bakalan sepi negeri kita book, pemasukan juga bakalan gak ada. Nah, gimana jadi, kawula muda penting banget kan perannya dalam menyiarkan informasi.

Dampak positif yang kedua, dengan adanya LINIMASSA (maap lagi yee kalao salah ketik). Kita gak bakalan tahu kalau di daerah-daerah tertentu saudara-saudara setahan air kita sedang menderita dan terjajah. Seperti daerah-daerah yang berada di pelosok-pelosok tanah air, jika bukan kawula muda dan orang yang peduli dengan nasib bangsanya, siapa bokk yang bakalan membebaskan mereka dari penderitaan berkepanjangan. Siapa yang bakalan memerdekakan mereka dari jajahan kemiskinan dan kekejaman para pemerintah korup. Coba tengok kasus-kasus yang berhasil diliput oleh pihak LINIMASSA 3, seperti yang terjadi di Kendeng Utara, Poso Sulawesi Tengah, Aceh, dan di Samarinda Kalimantan Timur. Siapa yang bakalan membela nasib-nasib warga diatas kalau bukan para kawula muda yang peduli dengan sesama manusia...??? Kebayangkan kalau gak ada mereka bakalan sengsara terus-menerus tuh warga-warga di sana. Nah, gimana pentingkan, peran kawula muda di dalam penyebaran informasi...???

Dua contoh kasus diatas hanya sekelumit kecil dari pentingnya peran kawula muda di dalam penyebaran teknologi informasi di masa sekarang ini. Dengan adanya contoh dua kasus diatas, kita bisa tahu bahwa peran kawula muda bukan hanya bisa rusuh di dalam teknologi informasi. Tetapi juga lebih bermakna dan bermanfaat untuk sesama. Khususnya untuk bangsa dan negara ini. Memberi sumbangsih yang teramat berharga untuk sesama manusia. Memberikan kebebasan dan kemerdekaan bagi warga-warga yang masih terjajah oleh keterbatasan dan kekejaman pihak-pihak tertentu yang hanya mau mengeruk untung sebesar-besarnya. Nah di akhir kata, marilah kita dukung kawula muda yang kreatif dan inovatif dalam menyebarkan informasi yang berguna bagi sesama. Serta pesan untuk seluruh kawula muda dimanapun kalian berada. Janganlah hanya jadi kaum perusak dan mengrusuh di berbagi media sosial di jagad maya ini, tetapi jadilah kawula muda yang berguna dalam menyiarkan informasi dan berita yang berguna atau bahkan membantu pihak-pihak lain yang kesusahan untuk menolong dan membebaskan mereka dari jerat tali kesusahan. Nah, sekian postingan kali ini, dan terimakasih sudah mau menyimak. See You...

0 komentar:

Posting Komentar