Senin, 25 Agustus 2014



Marching band, ato kadang di sebut drum band, merupakan sebuah kelompok perkusi yang terdiri dari beberapa macam alat musik pukul dan tiup, kurang lebih begitu dah artinya, kalo salah yaa maapin yee, kalau kurang tepat yaa maklumi yee, kalau mau tau arti sesungguhnya yaa, googling aja di mbah gugel, hehe setengah maksa seh.

Dulu waktu kecil aku suka banget liat parade drum band hingga sampe ngejar parade drum band kalau kebetulan lewat di depan rumah ku atau sedang ada pertunjukkan di alun-alun pasti aku tak pernah absen melihatnya. Dan demi melihat parade marching band ini dulu waktu aku masih TK aku rela lari dari rumah dan nongkron di pinggir jalan raya sendirian nunggu lama banget ntu parade lewat, hingga membuat seluruh orang rumah kelabakan nyariin aku, huahaha... Oleh sebab suka banget ngeliat itu, aku sejak kecil dulu hingga berjanji dan bercita-cita ingin mengikuti marching band itu kalau sudah besar nanti. Nah gimana, apakah aku berhasil melaksanakannya...??? Bagi yang penasaran yuk cekidot. 

Nah tibalah aku memasuki SMP, dulu SMPku terkenal kalau marching bandnya terbagus se-kabupaten. Dan aku berhasil memasuki SMP dimana ekxtrakulikulernya paling aku incar sejak kecil, yaitu marching band. Dan alhamdulillahnya lagi aku bisa memasukinya dengan gampang. Setelah masa orientasi, maka hal selanjutnya para siswa baru diperbolehkan memilih ekstrakullikuler yang disukainya masing-masing, disamping ekstrakulikuler wajib seperti PMR dan Pramuka. Bisa ditebak aku saat itu langsung saja memilih ekstrakulikuler marching band. Karena peminatnya buanyaaakkk melebihi kapasitas group, maka diadakanlah seleksi. Waktu itu kalau tidak salah yang ingin ikut marching band dan yang mendaftar sekitar 120 anak, padahal cuman dibutuhkan 60 anggota baru saja, karena juga peralatan musik terbatas jadinya gak bisa ikut semua.

Tibalah hari seleksi tersebut, semua anak yang memilih ekstrakulikuler drum band itu di jemur di lapangan, gak peduli panas banget waktu itu. Seleksi dilaksanakan oleh pelatihnya langsung sama guru pembina. Pelatih drum band di SMP ku dulu dari angkatan darat sama asistennya satu juga angkatan darat. Nah si pelatih, asistenya dan juga pembina memilih langsung anak-anak yang mereka pandang memiliki fisik prima, punya badan yang tinggi dan tahan panas serta tahan banting pastinya pemirsa. Bisa bayangin gak udah panas-panas latihan terus harus manggul alat musik yang berat bingit udah gitu lama pulak latihannya, makanya peserta marching band harus memiliki otot kawat balung wesi, haha #lebay.

Karena yang mendaftar ada 120 anak, dan yang dibutuhkan cuman 60an anak, pastinya lebih dari setengah itu tereliminasi dong yak. Nah, waktu pertama kali aku pernah tuh gak terpilih menjadi kandidat peserta marching band yang baru, dan hampir saja eh bukannya hampir seh, malah udah diputuskan ikut cadangan pada awalnya, karena meskipun aku memiliki tubuh yang lumayan tinggilah, tapi tubuhku kurus kerempeng dan kecil, para pelatih dan pembina gak yakin apakah fisikku kuat dan sanggup untuk ikut sebagai anggota marching band dan bukannya sebagai cadangan saja. Sempat ada depat kusir yang panjang seh awalnya dalam memutuskan aku akan ikut anggota tetap atau sebagai cadangan diantara pelatih dan pembina. Emang dari kecil dulu aku udah memiliki tubuh yang kurus jadinya mereka sangsi, kalo gak percaya baca disini. Setelah diinterogai lebih lanjut dan berjanji bakalan kuat bertahan ditengah sulit dan kerasnya latihan drum band sama ketiga pelatiuh dan pembina aku pun akhirnya diijinkan menjadi anggota tetap oleh pelatih dan pembina. Hehe...

Latihan marching band itu tidaklah semudah yang dibayangkan pemirsa, sungguh sangat berat akupun pernah hampir pingsan saat usai latihan dan hingga diantar pulang sama guru pembinaku. Di siang bolong dijemur di lapangan kayak ikan teri di bikin terasi udah geto sambil memanggul alat musik yang berat bingit. Udah gitu kalau pas salah 1 nada udah deh dipukul keras sama pelatihnya. Iya bener boook dipukul kalo langkahnya salah juga diinjak sama pelatihnya kakinya. Udah gitu dimarah-marahin segala lagi. Pokoknya yang kagak punya mental baja gak bakalan sanggup deh ngejalanin latihan drum band. Oleh sebab itu juga kali banyak anak yang akhirnya memilih keluar dari ekstrakulikuler drum band karena keangkeran pelatihnya, hehe. Pelatihnya keras, galak, dan kejam bingit deh. Karena emang tentara jadinya disiplin dan keras banget dah.

Yuk lanjut ke cerita selanjutnya, setelah seleksi selesai, kegiatan selanjutnya perkenalan alat-alat musik yang akan dimainkan, ada bass, trombon, terompet, belira, dan parade. Setelah pengenalan alat-alat itu selesai acara selanjutnya yaitu pembagian anak-anak yang akan memegang peralatan musik tersebut. Nah aku kebagian memegang alat yang namanya belira, nah mau tau penampang alatnya. ini dia...>>>

Gambar diambil dari sini

Belira ini alat pukul yang terbuat dari lembengan besi yang ada nada-nada berbeda jika lempengan besinya dipukul. Bila dipukul akan ada bunyi ting..ting...ting begitu. Dari dulu sampe sekarang aku suka banget melihat parade drum band. Bisa dikatakan bahwa menjadi anggota marching band merupakan cita-cita waktu kecil yang terwujud. Yaa meskipun masih tingkat ecek-ecek seeh, tapi aku bahagia banget aku suka banget bisa mewujudkannya. Salah satu keberhasilanku dulu waktu aku masih aktif menjadi anggota marching band aku berhasil tampil di acara upacara kemerdekaan Indonesia yang ke 61 yang lalu dan disaksikan langsung oleh Bupati Magetan, hehe.... Pokoknya hari itu aku suka banget dan juga bangga deh bisa tampil di acara tujuh belasan di alun-alun Magetan. 

Marching band dan Pramuka merupakan kegiatan yang paling aku sukai sepanjang aku sekolah dan hingga sekarang, nah karena tadi gak sengaja aku dijalan papasan sama karnaval acara peringatan HUT Pramuka di Madiun yang diadakan dengan menggelar lomba parade marching band, aku jadi berhenti deh, kan dari sononya aku suka bingit ngeliat parade marching band selain itu seh, jalannya macet book kagak bisa dilewatin manusia karena penuh sesak, haha ketauan deh. Karena itu aku suka banget dan ngebet banget ingin bikin postingan tentang marching band ini.

Nah, dengan mengikuti dan ikut andil di dalam marching band yang udah 8 tahun yang lalu aku jadi tersadarkan oleh satu hal. Dengan ikut marching band aku jadi belajar untuk meningkatkan mental ku, aku jadi lebih tahan menghadapi segala gejolak hidup. Aku jadi lebih tahan diomeli, tahan dibentak-bentak, dan dimarahi. Aku juga jadi belajar untuk memahami orang banyak dan belajar untuk menghadapi banyak orang yang notabene punya banyak karakter dan watak, yang juga termasuk didalamnya karakter yang keras. Selain itu aku juga belajar untuk disiplin dan gak bandel serta belajar patuh untuk dilatih dan dibelajari oleh pelatih. Nah itulah hikmah dibalik kerasnya latihan, panasnya matahari saat latihan, serta kerasnya juga bentakan-bentakan pelatih, hehe... Akhir kata wassalamualaikum wr. wb. See you...

0 komentar:

Posting Komentar