Senin, 06 Februari 2017



Halo pembaca setia, apa kabar, maaf blog ini tak pernah tersentuh semenjak aku mulai menampakkan kaki di Negeri Tirai Bambu untuk mencari ilmu. Sangking lamanya blog ini tak terurus aku sampai lupa loh caranya nulis postingan, hihi maap kan lah. Entah kenapa malam ini aku kesambet kebelet nulis blog lagi kayak kebelet apa aja #dikeplak. Ya sudah untuk memulai lagi sambungan dari postingan aku yang dulu-dulu... dahulu kala banget #lebay, aku mau share suka-duka selama pengalamanku hijrah ke negeri seberang untuk menuntut ilmu. So, yuk cekidot--->>

Merantau jauh dari ortu, apalagi sekali merantau harus pindah negara, ckckck emangnya enak....??? Iya iyalah enak, kan bisa sekalian jalan-jalan, syukur-syukur ketemu jodoh disana. Emang sih jika kalian pembaca setia blog ini juga jadi follower setia medsos aku pasti foto-fotonya kliatan banget 99% jalan-jalan 1%nya belajar, wkwk. Heleh-heleh ternyara hidup diluwar negeri itu tak seindah gambaran di foto-foto, iya sih enak jalan-jalannya, habis itu...??? ckck. Sekali kamu memutuskan untuk out dari tanah air tercintah, maka seketika itu juga kamu akan teken kontrak kehilangan kebahagiaan sana-sini. Oh iyaa...?? iya dong... Mau tau...??? Ciyus mau tau...??? Gilak kenapa bahasaku dari tadi kayak anak ABG labil gitu yak, ya sudah dilanjoot. :P

Yang pertamax, ketika kamu memutuskan untuk hijrah ke luar negeri kamu harus rela say good bye sama makanan-makanan Indonesia yang super-duper lezatoz. Sumpah makanan Indonesia itu tak tergantikan enaknya. Bahkan cuman makanan instant sekelas mie instant indomie-pun kalau kamu di luar negeri dan berhasil menemukannya di supermarket. Rasanya kayak kamu menemukan harta karun yang sangat berharga. Gak percaya, sok atuh silahkan coba deh merantau ke luar negeri, ckck #ngusir.

Yang kedua, jika kamu seorang muslim, silahkan say good bye hingar-bingar kemeriahan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri/Idul Adha. Loe ke luar negeri dan Islam sebagai minoritas, ya iyalah di bulan Ramadhan kamu tetep ngeliat orang berseliweran sambil makan seenak jidat mereka tanpa peduli kamu lagi puasa. Apalagi tahun-tahun belakangan ini bulan Ramadhan jatuh di tengah-tengah musim panas yang membara. Udah harus nahan lapar dan dahaga lebih lama pulak, dan lagi harus tahan godan minuman yang seger-seger. Dan satu lagi yang tak kalah penting dan paling nyebelin, harus tahan iman, guys. Iyalah ini musim panas, maka pakaian cewe-cewenya pada minim ckck. 

Yang Ketiga, harus rela say good bye sama keluarga dan temen-temen. :( :( :( Ini nih yang paling gak tahan. Loe musti rela dan harus hidup mandiri tanpa keluarga, sanak famili, dan temen-temen loe. Berat...??? Iyalah siapa pulak yang tahan hidup jauh dari orang-orang terdekat dan yang disayangi. Kangen...??? Pasti. Akupun pas mau berangkat akhirnya pecah juga tangisnya. Padahal beberapa hari sebelumnya excited banget mau ngerasain naik pesawat pertama kalinya dan langsung ke luar negeri pulak. 

Yang keempat, kamu traveler dan suka explore pemandangan alam Indonesia....??? Silahkan say good bye sama hiking gunung-gunung dan snorkeling pantai dan laut-laut Indonesia yang exotis. Pemandangan alam Indonesia itu tak terkalahkan guys. Siapa yang setuju, angkat tangan....!!! Iyalah kamu harus ke luar negeri, paling-paling pemandangan gedung-gedung pencakar langit jadi menu pemandanganmu tiap hari. 

Yang Kelima dan yang terakhir, Say good bye sama ngomong bahasa Indonesia. ckckck. Kamu memutuskan untuk keluar negeri berarti kamu harus membiasakan lidahmu ngomong bahasa planet dan latih kemampuan bahasa tubuhmu. ckckck #LOL Kamu ke China, kamu musti bisa ngomong mandarin, langka sekali orang China bisa ngomong English fluently. Aku ulangi lagi, LANGKA ada orang China bisa ngomong Inggris. Sedikit curcol nih aku frustasi kalau pas lagi kesasar dan tanya pake English dan mereka tak tahu 1 kata pun :"( :"(, alhasil bermanfaatlah bahasa tubuh bin tarzan. 

Eits, tapi jangan berkecil hati, selain yang nggak enaknya itu, merantau keluar negeri juga memberikan banyak manfaat juga loh. Apa saja manfaatnya, yuk cekidot---> 

Dengan hidup jauh dari keluargamu dan orang-orang yang kamu sayangi kamu akan dapet selingkuhan baru tanpa ketahuan pacar kamu. Eh... salah...salah... jangan ditiru yak. Enggak ding, dengan keluar negeri berarti kamu telah berani mengambil keputusan besar untuk 'out of comfort zone' yang artinya petualangan besar telah menantimu diluar sana. Kamu akan dapat pengalaman yang luar biasa yang tak terlupakan seumur hidupmu. Bahkan kelak jika kamu telah memiliki anak dan cucu kamu punya bahan cerita yang mengasyikkan yang berasal dari pengalamanmu sendiri. Gimana...??? Keren kan...???

Yang kedua, dengan keluar negeri kamu bakalan dengan mudah mendapatkan teman dan network baru yang jangkauannya meliputi seluruh dunia. Ya iyalah kamu ke luar negeri gak keluar planet jadi kamu bakalan banyak menemukan temen-temen baru dan jaringan network baru yang berguna untuk karirmu. Syukur-syukur malah ketemu jodoh baru, eits... salah keblablasan lagi ckckc #LOL :P

Yang ketiga, kamu memiliki kesempatan besar untuk mempelajari bahasa-bahasa baru yang sebelumnya belum kamu ketahui. Dengan mendatangi negeri lain dan setiap hari berinteraksi degan native dan ditambah lagi ada 'the power of kepepet' akan menjadikanmu lebih cepat menguasai bahasa baru. Gak percaya, silahkan buktikan sendiri. #ngusir2 :P.

Yang Keempat, kamu akan dengan mudah mempelajari budaya-budaya asing. Kamu internasional students, dan tinggal seasrama dengan seluruh penduduk bumi? Ya  iyalah lama-kelamaan dengan tak langsung kamu akan dengan sendirinya tau dan mempelajari budaya-budaya asing tersebut. Asal tetep punya iman dan saringan terhadap budaya yang tak sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang sudah ditanamkan oleh orang tua kita sejak kecil ya guys. 

Yang kelima dan yang terakhir pulak. Ini nih yang paling ditunggu-tunggu pembaca sekalian. Dengan keluar negeri kamu bisa juga sekalian jalan-jalan melihat-lihat pemandangan yang 180% berbeda dengan Tanah Air tercinta. Kamu dengan mudahnya pergi ke Disneyland kayak artis-artis cem Sandra Dewi tanpa harus keluar biaya tambahan untuk transportasi cem naik pesawat. Kamu hidup di Shanghai yang musim panas 2016 lalu baru meresmikan Disneyland di Mainland China...? Kamu cuman perlu naik metro line 11 doang jika pengen pergi kesana. Ciyus dah diakhir tujuan tibalah kita di Disneyland yang ala-ala Princess gitu. Apalagi Shanghai Disneyland memiliki castle Disneyland terbesar di dunia, so kamu ke China rugi gak ke Shanghai Disneland. #dikeplak.

So, begitulah plus dan minus hidup merantau jauh dari Tanah Air. Gimana, masih mau tetep stay di Tanah Air apa memberanikan diri memulai petualangan diluar sana dengan berbagai pengalaman luar biasa yang ditawarkannya. Serta tambahan tokoh-tokoh baru dari belahan dunia manapun siap menemani petualanganmu. Sehingga menjadikan masa mudamu asyik dan gak monoton yang biasa-biasa aja kayak yang lain. Masak abis kuliah-kerja-nikah, itu doang siklusnya dari jaman kaken-nenek buyut...?? Gak seru ahh... seru itu jika kamu memutuskan untuk menapakkan kakimu keluar dari zona aman, dan entah petualangan apa yang ditawarkan oleh dunia dan kamu jadi tokoh utamanya. Gimana gak keren tuh, so sok atuh hijrah ke luar negeri #ngusiryangke100X ckckck #LOL So, semuanya tergantung kamu sih, segini aja yak postingan kali ini. Tambahan...!! Please jangan sakit hati yak guys. Semoga di lain waktu dan kesempatan masih mau mulai nulis blog lagi. Adventure is waiting for you...!!!

0 komentar:

Posting Komentar