Senin, 26 Oktober 2015



Ini postingan agak serius, karena ini postingan menyangkut masa depan para mahasiswa-mahasiswi di belahan dunia manapun. Mengerjakan skripsi itu sangat mudah jika kita tau triknya. Sebenarnya skripsi itu tidak sulit, namun kita perlu menyiasatinya agar mudah dikerjakan. Hambatan terbesar skripsi itu sebenarnya ada dalam diri kita sendiri, jika kita semangat maka target 1 semester pastilah kelar, tapi kalau kita malas semenarik apapun research kita bakalan molor. Berikut akan penulis sampaikan tips dan trik mengerjakan skripsi agar cepat kelar. Berikut beberapa tips dan trik lancar skripsi ala Putri, so stay tuned ya.
  1. Dekati Tuhan, tips yang pertama, yaitu dekati Tuhan YME, perbanyak amal baik, rajin-rajinlah ibadan dan do'a, karena mustahil kita dapat menyelesaikan skripsi dengan mudah tanpa bantuan Tuhan YME. 
  2. Dekati Dosen Pembimbing, yang ini penting, sepenting lo baca buku referensi buat skripsi. Tak harus berotak cerdas untuk bisa deket dengan dosen pembimbing apalagi dapat mengambil hatinya. Salah satu caranya, sering-seringlah konsultasi sama dosen pembimbing dan lagi setelah bimbingan jangan langsung cabut, usahakan beberapa menit buat ngobrol apa aja biar semakin deket sama beliau, manjur gak manjur cara ini cepet bikin kamu dapet tulisan "ACC".
  3. Pasang Target, Targetkan skripsimu, misal bulan ini bab 1 kelar, bulan depan bab 2 kelar, dst. Pasang target perlu banget, kamu mesti menuliskannya besar-besar dan tempel di kamar dimana kamu bisa melihatnya setiap saat. Tujuannya agar kamu keinget terus, sudah sampai mana skripsimu. 
  4. Jaga Hubungan Dengan Teman. Hubungan dengan teman wajib dijaga, apalagi temen tersebut memiliki topik penelitian yang hampir sama atau satu lingkup dengan kamu, tujuannya satu, agar kalian saling support dan saling membantu dalam mencari referensi. Saling support itu sangat perlu dalam mengerjakan skripsi, apalagi support dari temen-temen seperjuangan skripsi. Kalo ada temen yang gak semangat ya kita semangatin, begitu juga sebalikya.
  5. Perbanyak Jaringan, Perbanyak jaringan dalam lingkup apapun, misal kita butuh data di suatu sekolah X, maka carilah teman atau kenalan di tempat tersebut. Intinya jaring pertemanan sebanyak mungkin dan jaga silaturahmi saja. 
  6. Siapkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan skripsi, tempat yang nyaman bikin mood kamu ok terus agar kamu lancar ngerjain skripsimu.
  7. Jaga kesehatan, wajib jaga kesehatan, kalo gak sehat gimana bikin skripsi. Skripsi itu berpeluang besar bikin stress kalo stress jadi gampang sakit, so kita musti pinter-pinter deh jaga kesehatan, jangan sampe ambruk trus masuk rumah sakit, diih amit-amit deh.
  8. Makan-makanan yang mengandung gizi tinggi. Jangan lupa makan-makanan yang mengandung omega 3,6, dan 9 biar otak lu makin encer dalam ngerjain skripsinya, sehingga kata "ACC" mudah diperoleh.
  9. Istirahat yang cukup, jangan lupa waktu dalam mengerjakan skripsi, atur pola istirahat dan jadwalkan, usahakan kamu selalu menaati jadwal yang kamu buat sendiri. Kenali waktu belajar yang tepat buatmu. Misalnya kalo kami nyamannya belajar pukul 2.00 keatas, maka habis isya' tidur dulu sebentar, lalu jam 2.00 bangun buat ngerjain skripsi, begitu juga sebaliknya.
  10. Jika bad mood pantengin aja terus skripsimu, tar lama-lama kamu juga bakalan ngerjain juga kalau dah semangat.
Itulah beberapa tips dariku, semoga bermanfaat buat kamu-kamu yang lagi dijajah sama skripsi. Semoga cepat memenangkan peperangan melawan skripsi sehingga cepet-cepet diwisuda deh.

0 komentar:

Posting Komentar