Sabtu, 01 November 2014


Selama satu setengah bulan ini, di semester 7 ini aku menjalani PPL, atau Praktik Pengalaman Lapangan. Karena lokasi sekolah dimana tempatku PPL ini berada dekat dengan pasar kaget. Sudah pada tahu donk yak, yang namanya pasar pasti ramai orang pada berjualan. Jika kami semua peserta PPL lapar, kami tinggal meninggalkan sekolah lalu menuju pasar kaget tadi, lalu membeli makanan atau minuman. Salah satu makanan favorit kami semua yaitu 'Sempolan'.

Sempolan ini diambil dari bahasa jawa di bagian jawa tengah sana tepatnya di kota Pati. Sempolan, diambil dari kata 'sempol' yang artinya (maaf) "paha" dan ditambah dengan akhiran -an. Jadi sempolan itu berarti (maaf) paha manusia. Itu katanya mas-masnya yang jualan. Karena kami iseng-iseng melakukan riset dan wawancara kecil-kecilan di waktu mas-masnya lagi goreng sempolan tadi, hihi.

Sempolan ini dibuat dari tepung kanji atau tepung tapioka dan tepung terigu ditambah daging ayam lalu dibumbui kemudian dicampur hingga rata. Adonan yang telah dicampur rata tadi ditambah air lalu diuleni dan yang terakhir di susun menjadi bentuk 'twister' dalam tusuk bambu lalu kemudian di kukus hingga matang. Tapi itu masih setengah matang ya pemirsa. Kemudian tusukan-tusukan sempolan tadi di goreng dalam minyak panas hingga setengah matang. Setelah di goreng di minyak panas hingga setengah matang kemudian ditiriskan sampai kadar minyaknya habis. Langkah terakhir lalu sempolan yang ditiriskan tadi dimasukkan kedalam kocokan telur dan digoreng lagi. Cara makannya gampang, tinggal siram dengan saus yang yummy dan dimakan selagi hangat, rasanya maknyuusss... Sleepp... #menitikkanliur... haha... Bagi yang ingin melihat piku-pikunya silahkan diintip dibawah ini.... yuk---> #maksa.

Ini dia gerobak, mas-mas yang jualan sempolannya... :) :)

Mas-masnya lagi goreng sempolannya... ---> 
cepetan mas, keburu laper niih.... #wkwk

 Sempolan sebelum digoreng

Setelah digoreng setengah matang

 Telur untuk melapisi sempolannya

Setelah matang dan eng...ing...eng... disiram sama sausnya yang yaahoood....






Peringatan :
Sempolan dapat menyebabkan ketagihan tingkat akut. Jan jika sudah mencapai level ini, siap-siap badan anda jadi bengkak. Karena sempolan termasuk makanan gorengan yang kaya akan kolesterol. Tidak disarankan dimakan oleh penderita penyakit jantung dan darah tinggi, karena dapat menyebabkan ketagihan dan meningkatkan kolesterol dalam darah, haha. Eiitttss.... hampir lupa, sempolan juga dapat menyebabkan 'kanker' alias kantung kering, jika kalian membelinya untuk mentraktir orang sekampung, wkwkwkwk.... Sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar